7 Cara Mengatasi Mode Read Only Ketika Membuka MS Word Agar Bisa Diedit

read only di ms word

Saat anda membuka dokumen di MS Word tetapi kemudian tidak dapat mengeditnya, hal itu dikarenakan dokumen tersebut mungkin dikunci agar tidak bisa diedit oleh seseorang atau oleh fitur tertentu. Mengatasi cara menghilangan status read only di Word akan membantu anda agar bisa mengedit dokumen-dokumen tersebut meskipun sudah dalam mode Read Only dan tidak seharusnya bisa diedit ketika berada pada status tersebut.

Ada berbagai alasan mengapa orang membatasi dokumennya agar tidak bisa diedit. Mungkin saja anda sendiri yang membuat dokumen tersebut dalam status Read Only tetapi telah lupa. Atau mungkin seseorang menguncinya untuk memastikan agar tidak ada pengguna lain yang dapat memodifikasi konten di dalam dokumen tersebut.

Apa pun itu, jika anda menemukan dokumen yang harus diedit tetapi masih berada dalam mode read only, ada berbagai metode untuk mengatasinya agar dapat menghilangkan read only pada Ms Word dan agar dapat mengedit dokumennya.

Menghilangkan Read Only di Word Dengan Menonaktifkan Restrict Editing

Kita akan coba mulai menghilangkan read only dengan metode menonaktifkan fitur bawaan Word yang memungkinkan pengguna membatasi dokumen mereka untuk dimodifikasi.

Jika anda atau seseorang telah mengaktifkan opsi ini untuk suatu dokumen word, itulah sebabnya anda tidak dapat mengedit file word tersebut.

Dengan menonaktifkan fitur tersebut seharusnya sudah bisa mengatasi hal tersebut.

  1. Buka dokumen word read only dengan menggunakan program Ms. Word.
  2. Ketika sudah terbuka, maka carilah tab Developer yang berada di atas opsi Ms. Word, tepat disamping tab View.
  3. Pada opsi bagian Protect, silahkan anda klik Restrict Editing.restrict editing di word
  4. Nantinya akan muncul panel baru, pada panel tersebut klik tombol Stop Protection.stop protection di word
  5. Jika ada diminta password, anda harus memasukkannya di kotak yang ditampilkan di layar tersebut. Kemudian klik OK untuk membuka kunci dokumen.
  6. Maka dokumen word anda sudah bisa bisa diedit dan dimodifikasi sesuka hati karena sudah tidak berada dalam mode Read Only lagi.
  7. Selesai.
masukkan password

Menonaktifkan Trust Center Untuk Menghilangkan Read Only Pada Ms. Word

Trust Center adalah fitur di Ms. Word yang memblokir dokumen tertentu agar tidak sepenuhnya bisa diedit ketika dibuka dengan komputer. Anda dapat menonaktifkan fitur dalam program ini dan mungkin bisa mengatasi read only yang ada pada dokumen word.

Baik, langsung saja menuju ke langkah-langkah yang harus anda ikut di bawah ini.

  1. Buka terlebih dahulu program Ms. Word yang ada di komputer, pc atau laptop anda.
  2. Pada sisi kiri jendela MS. Word terpadat pilihan Options, silahkan klik pada bagian tersebut. (Jika menggunakan Word 2013, silahkan buka dulu blank document > Klik File pada menu atas Ms. Word).options di word
  3. Selanjutnya, silahkan anda lihat lagi pada sisi kiri jendela yang terbuka, pilih opsi Trust Center yang ada di sana, dan jangan lupa klik pada bagian tersebut.
  4. Selanjutnya silahkan klik pada tombol Trust Center Settings yang ada di sana.trust center settings di word
  5. Pada panel sisi kiri, silahkan pilih dan klik pada bagian Protected View.
  6. Di panel sebelah kanan, anda akan melihat tiga kotak centang yang diaktifkan. Hapus masing-masing kotak centang tersebut untuk mencegah Word membuka dokumen pada tampilan read only atau dokumen yang dilindungi. Kemudian klik OK di bagian bawah untuk menyimpan perubahan tersebut.
  7. Selanjutkan coba anda buka dokumen word read only tadi, maka seharusnya word anda sudah dapat diedit.
nonaktifkan protected view

Mengatasi Word Terbuka dalam Mode Read Only yang Berasal Dari Email Attachments (Lampiran Email).

MS Word sebenarnya memiliki sejumlah fitur untuk melindungi perangkat anda dari berbagai ancaman virus dan malware yang disebarkan melalui file Word. Salah satu fitur tersebut adalah membuka hasil lampiran email yang anda peroleh dalam mode Read Only sehingga jika ada virus atau malware tidak dapat memengaruhi komputer secara langsung.

Karena ada beberapa orang yang menerima email dari teman, kerabat, atau rekan kerja yang isinya mungkin merupakan file dokumen word. Dan ketika anda unduh file tersebut dari email, maka terkadang dokumen word tersebut terbuka dalam mode Read Only agar mencegah dari berbagai ancaman virus.

Jika anda tidak ingin membuka dokumen word dari email tadi dalam mode Read Only, anda bisa gunakan cara dan langkah-langkah di bawah ini agar file word terbuka secara normal dan bisa diedit.

  1. Buka dulu program Ms. Word.
  2. Pada panel yang ada di sisi kiri, silahan pilih dan klik pada bagian Options. (Jika menggunakan Word 2013, silahkan buka dulu blank document > Klik File pada menu atas Ms. Word).menu options di word
  3. Lanjut dengan memilih dan klik pada bagian General yang ada pada panel sisi kiri jendela word.
  4. Selanjutnya pada bagian Start Up Options, maka akan terlihat bahwa semua kotak centang yang ada disana sudah di ceklist.
  5. Tugas anda adalah menghapus centang pada bagian Open e-mail attachments and other uneditable files in reading view.
  6. Kemdian klik OK untuk menyelesaikannya.
  7. Selesai.
nonaktif email attachments restrictions

File dokumen word yang anda terima dari lampiran email seharusnya kini sudah dapat dibuka dalam mode biasa yang semula di setting dalam mode read only, dan seharusnya juga sudah bisa diedit seperti biasa.

Menonaktifkan Preview Pane Pada File Explorer

Panel pratinjau di File Explorer berfungsi menampilkan pratinjau file anda, dan untuk melakukan pratinjaunya, kadang-kadang bisa mengunci file tersebut dan mencegah anda untuk mengeditnya.

Untuk mengatasi hal tersebut sangatlah mudah, anda hanya perlu menonaktifkannya. Caranya?

  1. Pertama buka dulu File Explorer di PC anda.
  2. Kemudian pada bagian atas menu File Explorer, silhakan pilih dan klik pada Tab View.
  3. Kemudian pada bagian Panes, silahkan klik Preview Pane untuk menonaktifkannya jika sebelumnya fitur tersebut telah aktif. Jika aktif ditandai dengan background biru mengelilingin tombol Preview Pane.
  4. Selesai
nonaktifkan preview pane di file explorer

Coba buka file dokumen word yang tadinya status Read Only, mungkin bisa mengatasinya jika menggunakan cara ini. Jika tidak juga mengatasi read only, lanjut ke cara selanjutnya di bawah ini.

Menghilangkan Atribut Read Only pada Word di Properties

Salah satu cara yang mungkin untuk memperbaiki mode read only di Word adalah mengubah atribut untuk file anda.

properties
  1. Klik kanan pada dokumen word yang berstatus Read Only.
  2. Kemudian pilih opsi Properties.
  3. Centang Read Only pada bagian Attributes dan kemudian klik Ok.atribut read only
  4. selanjutnya buka kembali Properties, sekarang hilangkan centang Read Only tadi dan klik OK.
  5. Selesai.
attributes read only

Sekarang silahkan buka dokumen word anda, maka seharusnya file word yang berada dalam mode read only sudah bisa dibuka secara normal dan juga bisa diedit sesuka hati seperti biasanya.

Ekstrak File Dokumen Sebelum di Buka di MS. Word

Jika anda mencoba mengedit file Word yang ada di dalam format yang diarsipkan seperti RAR atau ZIP, maka harus diekstra terlebih dahulu file tersebut untuk kemudian mengeditnya. Membuka file secara langsung dari arsip terkadang mencegah anda untuk bisa mengeditnya karena berada dalam mode read only.

extract rar zip dokumen word
  1. Silahkan klik kanan pada arsip berupa file Rar atau Zip yang di dalamnya terdapat dokumen word.
  2. Pilih Ektract Here.
  3. Setelah di ekstrak silahkan buka dokumennya di Word untuk bisa diedit sesuai kebutuhan.
  4. Selesai.

Mengatasi Read Only dengan Notepad/Wordpad.

Anda juga bisa mencoba cara terakhir ini untuk mengatasi word read only agar bisa edit dan copy paste sesuka hati hanya dengan menggunakan aplikasi bawaan dari windows. Silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

  1. Silahkan buka dokumen word anda yang masih beradapada mode read only dengan Ms. Word.
  2. Kemudian klik Save As dengan type Web Page (*.htm, *.html) dan tutup dokumen word tersebut.save as dokumen word
  3. Buka file yang tadi di simpan dengan type Web Page menggunakan Notepad/Wordpad.word open with notepad
  4. Ketika terbuka, silahkan tekan Ctrl + F untuk menggunakan fitur Find.
  5. Carilah kata “protection” dengan menggunakan kolom Find tadi.
  6. Silahkan hapus baris berikut ini.
    • w:DocumentProtection Forms w:DocumentProtection
    • w:UnprotectPassword C788CE88 w:UnprotectPassword
  7. Setelah dua baris tersebut terhapus, klik Save dan tutup notepad.
  8. Selanjutnya silahkan buka file yang sudah di edit tadi menggunakan Ms. Word, maka seharusnya dokumen word sudah bisa di edit seperti biasa dalam mode normal.

Akhir Kata

Demikianlah 7 cara yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah dokumen word yang berada dalam mode read only untuk kemudian kembali bisa diedit seperti biasanya. Saya rasa salah satu dari ketujuh cara di atas akan berhasil mengatasi masalah dokumen word read only milik anda.

Akhir kata, jika ada keluhan dan pertanyaan langsung saja berkomentar di bawah artikel ini. Saya akan mengusahakan untuk menjawabnya secepat yang saya bisa dalam 1×24 jam.

Selamat mencoba.

You May Also Like

About the Author: Syah Artuna

Pemilik Web Comportcomputers.com - Menjadikan Coffee Shop a.k.a Warkop sebagai second best home, suka kopi coklat dan gak suka kopi pahit. Uweeekk!

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *