Perbedaan Workbook dan Worksheet di Excel

perbedaan workbook dan worksheet

Sebelumnya saya telah menulis banyak tentang Microsoft Excel di Comportcomputers.com, dan saya juga mencoba yang terbaik untuk membuat konsep semudah mungkin agar dapat dipahami. Namun, adakalanya anda perlu referensi tentang istilah-istilah tertentu yang ada di file Excel, yang mana akan susah dipahami tanpa menggunakan terminologi yang tepat. Salah satu istilah yang ingin saya bahas dalam Microsoft Excel kali ini yaitu akan saya jelaskan perbedaan workbook dan worksheet.

Baca Juga: Cara Mengunci File Excel Dengan Menggunakan Password Agar Aman

Meskipun mungkin tampak bahwa kedua kata merupakan sinonim, namun kedua istilah tersebut sebenarnya agak berbeda. Memahami perbedaan workbook dengan worksheet di Excel akan membantu anda untuk lebih memahami bagaimana selak beluk dari file excel.

Disamping itu juga bisa membantu anda agar lebih mudah untuk memahami artikel-artikel atau tutorial tentang excel yang ditemukan di Internet nantinya.

Pengertian Workbook dan Worksheet

Apa Itu Workbook?

Workbook adalah file Excel yang menyimpan data dan informasi anda. Workbook bisa berisi satu atau lebih lembar kerja (worksheet). Misalnya, Workbook tersebut memiliki 3 worksheet: Sheet1, Sheet2 dan Sheet3.

workbook

Workbook di Microsoft Excel adalah seluruh file Excel (biasanya diidentifikasi dengan jenis file .xls atau .xlsx). Jika anda melihat file Excel di folder My Documents anda, maka file itulah yang disebut dengan Workbook.

File Excel baru akan memiliki nama default yaitu Book1, meskipun nanti bisa diubah ketika anda pertama kali menyimpan file tersebut. Workbook dapat terdiri dari beberapa worksheet, biasanya jia pertama kali membuka excel baru maka akan tersedia 3 Sheet disana.

Bahkan jika hanya ada satu sheet di workkbook Excel, maka juga masih disebu workbook, karna ia masih bisa menambahkan beberapa sheet lagi sesuai kebutuhan anda.

Apa Itu Worksheet?

Worksheet adalah Tab yang dapat menyimpan data dan informasi anda. Di Excel 2016, lembar kerja berisi 1.048.576 baris (row) dan 16.384 kolom (cell) yang berarti totalnya adalah 17.179.869.184 cell. Contoh dari worksheet adalah Sheet1 yang ada pada gambar di bawah ini.

worksheet

Nama worksheet pertama adalah Sheet1, jika program Excel masih menggunakan pengaturan default. Worksheet biasanya berisi serangkaian baris yang diidentifikasi dengan angka di sisi kiri jendela, dan kolom yang diidentifikasi dengan huruf di bagian atas jendela. Hal tersebut adalah pengaturan default di Excel, dan merupakan struktur yang paling umum digunakan dalam program Microsoft excel itu sendiri.

Perbedaan Workbook dan Worksheet

Mungkin cara termudah untuk memahami perbedaan antara workbook dan worksheet adalah dengan cara membayangkan dalam hal halaman yang ada di dalam sebuah buku.

Workbook adalah bisa kita ibaratkan seluruh isi buku, sedangkan worksheet adalah satu halaman di dalam buku tersebut. Workbook dapat berisi setidaknya satu worksheet dan maksimalnya bisa sampai hanya dibatasi oleh memori yang tersedia di komputer anda.

Worksheet dapat ditambahkan, dihapus atau diganti namanya di dalam workbook langsung. Artinya dapat diubah dalam file excel langsung ketika dibuka.

Anda juga bisa mengganti nama workbook tanpa mempengaruhi nama worksheet mana pun. Anda dapat beralih di antara worksheet yang ada di dalam workbook hanya dengan mengklik tab sheet di bagian bawah jendela excel.

Poin Utama Perbedaan Workbook dan Worksheet

  1. Worksheet adalah satu halaman di mana merupakan tempat memasukkan data, sedangkan Workbook adalah entitas di mana beberapa worksheet dapat ditambahkan untuk mengakses data.
  2. Manfaat utama workbook adalah dapat menggunakan worksheet di waktu yang bersamaan saat anda merasa perlu banyak worksheet untuk di edit pada tugas yang berbeda.
  3. Worksheet lebih sering dipakai di lingkungan pendidikan atau pembelajaran, sedangkan workbook biasanya digunakan untuk pekerjaan di lingkungan profesional.
  4. Workbook lebih umum dikenal sebagai spreadsheet meskipun juga bisa disebut worksheet tunggal.
  5. Beberapa worksheet dapat ditambahkan ke workbook tergantung pada kemudahan penggunaan dan memori yang tersedia, sedangkan worksheet tertentu memiliki batasan pada jumlah data yang dimasukkan.
  6. Workbook dapat dibuat secara otomatis dalam worksheet, sedangkan worksheet juga dapat secara manual dikonversi menjadi workbook.
  7. Sebagian besar data dimasukkan dan diedit dalam worksheet, sedangkan data dapat diatur dan diakses hanya di workbook.
  8. Worksheet khusus untuk sekumpulan data, sedangkan workbook adalah wadahnya.

Kesimpulan

Singkatnya, dapat dikatakan bahwa kedua istilah anatar perbedaan workbook dan worksheet tersebut berhubungan erat satu sama lain tetapi memiliki arti yang sangat berbeda.

Keduanya melakukan fungsi yang sama tetapi cara atau proses yang digunakan dan kegiatan yang dilakukan bervariasi. Secara keseluruhan, artikel di atas tersebut telah memberikan perbedaan yang tepat untuk anda tentunya.

Saya harap juga anda kini sudah cukup memahami apa yang disebut dengan workbook dan juga worksheet.

You May Also Like

About the Author: Syah Artuna

Pemilik Web Comportcomputers.com - Menjadikan Coffee Shop a.k.a Warkop sebagai second best home, suka kopi coklat dan gak suka kopi pahit. Uweeekk!

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *