Cara Mengunci File Excel Dengan Menggunakan Password Agar Aman

mengunci file excel

Mengunci file excel dengan password adalah bentuk upaya melindungi lembar kerja (worksheet) Excel anda agar dapat mencegah orang lain merusak data anda. Tetapi ada baiknya Anda jangan pernah menyimpan informasi yang sangat sensitif dalam file Excel. Mengapa? Alasannya sederhana, password yang melindungi file Excel sebenarnya dapat dengan mudah diretas.

Hal tersebut dapat dilakukan karena Excel sendiri menggunakan bentuk enkripsi yang sangat lemah yang dapat dengan mudah dibobol menggunakan serangan dictionary dan serangan brute force.

Jadi untuk menghindari pencurian data penting terlebih data tersebut anda simpan di file excel, sebainya anda perlu hati-hati untuk mengantisipasi hal tersebut.

Saya juga banyak menemukan tutorial di luar sana yang membagikan cara membuka file excel yang telah dikunci dengan password. Be careful!

Namun, jika anda benar-benar harus menggunakan Excel untuk menyimpan informasi penting dan sifaatnya sensitif, maka ada baiknya menggunakan versi terbaru Excel, yaitu Excel 2013 ataupun Excel 2010. Sekarang juga sudah tersedia Microsoft edisi terbaru yaitu 2016 dan 2019.

Semakin lama versi Excel yang anda gunakan, maka semakin mudah pula orang diluar sana membobol password file excel anda. Dalam versi di bawah Excel 2010, tidak pengaruh seberapa rumit atau panjang password yang anda gunakan, apa pun itu dapat dihack.

Disamping itu, versi Excel yang lebih baru sudah menggunakan metode enkripsi yang lebih canggih dan karenanya panjang dan kerumitan kata sandi atau password yang anda gunakan sangat penting dan berpengaruh. Jadi sebaiknya anda menggunakan password yang lebih panjang yang sifatnya lebih acak dan masukkan juga angka dan simbol dalam password tersebut.

Mengunci File Excel

Selain melindungi dan mengunci file worksheet Excel tertentu dengan password, anda juga dapat mengamankan dan mengunci workbook file excel secara keseluruhan. Jadi anda bisa menentukan mau mengunci worksheet saja atau mengunci seluruh worksheet excel yang ada pada workbook file excel.

Bagi anda yang belum mengetahui apa perbedaan dari Worksheet dengan Workbook di Excel silahkan baca pembahasannya di sini: Perbedaan Workbook dan Worksheet di Excel.

Sekarang kita akan masuk ke bagian tutorial cara mengunci file excel dengan password. Saat menggunakan Microsoft Excel, ada beberapa cara berbeda untuk melindungi worksheet atau workbook excel anda.

Cara Pertama

Cara pertama adalah salah satu metode yang mudah anda terapkan untuk mengunci file excel baik worksheet saja atau seluruhnya yaitu workbook.

Untuk mengunci file excel di Microsoft Excel 2013:

  1. Pertama-tama buka tab Review.
  2. Kemudian klik Protect Sheet (untuk mengunci worksheet) atau Protect Workbook (untuk mengunci workbook).protect sheet dan workbook
  3. Ketika jendela baru muncul, pilih opsi yang anda inginkan dengan mengklik pilihan centang atau tidak.
  4. Selanjutnya ketik password yang diinginkan. Kata sandi dapat berupa sesuatu yang acak yang tidak akan pernah dicurigai oleh siapa pun (seperti GBE45nf23) atau terserah mau bagaimana passwordnya yang penting tergolong rumit dan dan susah untuk ditebak oleh orang lain.
  5. Untuk mengingat kata sandi, anda bisa coba gunakan program pengelola password seperti LastPass, yang sangat aman. Atau juga bisa gunakan notepad untuk menyimpan password anda.
password di excel

Jika tadinya anda memilih untuk Protect Sheet. Anda juga bisa mengunci workbook file excel sekaligus. Untuk melakukan hal ini:

  1. Klik File
  2. Lalu pilih Save As.
  3. Ketika jendela Save As file muncul, ketikkan nama file anda, lalu pilih menu drop down Tools.
  4. Dari menu tersebut, lanjut pilih General Options
  5. Selesai.
tools di excel

Maka nantinya cara ini dapat mengunci seluruh workbook file excel dengan password dan mencegah orang lain dapat membuka dan melihat isinya. Pada titik ini, anda sudah memiliki dua lapisan perlindungan: satu di tingkat worksheet dan satu lagi di tingkat workbook.

Sekarang, setiap kali anda ingin membuka file Excel tadi yang telah dikunci, maka anda akan melihat layar seperti di bawah ini yang menyuruh memasukkan password file tersebut.

masukkan password file excel

Cara Kedua

Cara kedua yang akan saya berikan kepada anda untuk bisa mengunci file excel hanya terbatas pada workbook excel saja dan tidak untuk worksheetnya. Jadi cara ini bisa anda gunakan jika memang ingin mengunci file excel secara keseluruhan.

Langsung saja.

  1. Silahkan buka dulu file excel yang ingin anda kunci (Disini saya menggunakan Excel 2013). Jadi anda bisa sesuaikan saja karena memang menunya tidak jauh berbeda.
  2. Klik menu File yang ada diujung kiri bagian atas pada jendela excel.klik file excel
  3. Pada bilah kiri, pilih menu Info dan klik pada Protect Workbook.
  4. Selanjutnya pilih Encrypt With Password dan masukkan kata sandi yang anda inginkan.protect workbook
  5. Jika sudah silahkan klik OK untuk menyelesaikannya.
  6. Kemudian jangan lupa untuk Save file tersebut.

Maka sekarang anda sudah bisa mengunci dan juga melindungi file excel dengan password. Jika anda kembali membukanya akan ada notif untuk memasukkan password agar file tersebut bisa di akses.

masukkan password file excel

Cara Menghilangkan Password File Excel

Apabila suatu saat anda sudah tidak membutuhkan lagi password yang anda gunakan di file excel, maka untuk itu bisa menghilangkan kembali passwordnya agar kembali seperti sedia kala.

Caranya langsung saja.

  1. Buka file excel yang dikunci dengan password.
  2. Masukkan passwordnya ketika muncul notif untuk bisa akses file tersebut.
  3. Klik pada menu File.
  4. Pilih Info dan klik pada bagian kotak Protect Workbook.
  5. Selanjutnya pilih Encrypt With Password, silahkan hapus semua passsword titik-titik yang ada dikolom tersebut.
  6. Klik OK untuk menyelesaikannya.
  7. Jangan lupa untuk klik Save file yang telah dihapus passwordnya tersebut.

Sekarang file yang tadinya dikunci dengan password akan bisa dibuka secara normal tanpa harus memasukkan password terlebih dahulu.

Akhir Kata

Secara keseluruhan, menggunakan keamanan Excel dengan cara perlindungan password yang sederhana tidak cukup untuk mengamankan file excel. Terlebih jika data yang ada dalam lembar kerja anda merupakan data penting perusahaan atau kantor tempat anda bekerja.

Anda memerlukan enkripsi yang lebih baik dengan menggunakan versi Excel yang lebih tinggi, password yang lebih panjang, dan jumlah kata yang lebih banyak secara acak, serta enkripsi tambahan yang sangat aman yang disediakan oleh Excel.

Akhir kata, jika anda mengikuti tutorial dan juga saran saya di atas untuk upaya keamanan file excel milik anda, InsyaaAllah file excel anda akan terlindungi dari tangan jahat dan tidak ada orang yang bisa mengaksesnya secara bebas tanpa izin dari anda tentunya.

Selamat mencoba.

You May Also Like

About the Author: Syah Artuna

Pemilik Web Comportcomputers.com - Menjadikan Coffee Shop a.k.a Warkop sebagai second best home, suka kopi coklat dan gak suka kopi pahit. Uweeekk!

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *