Cara Show atau Hide Folder dan Aplikasi di Start Menu pada Windows 10

show hide folder dan aplikasi di windows 10
show hide folder dan aplikasi di windows 10

Comportcomputers.com – Cara Show atau Hide Folder dan Aplikasi di Start Menu pada Windows 10. Ketika anda mengklik tombol Start di Windows 10, anda akan melihat interface terbagi menjadi tiga bagian terpisah. Tombol kecil di sisi kiri, daftar aplikasi dan program di tengah dan ubin statis atau dinamis di sisi kanannya.

anda dapat menyesuaikan sendiri beberapa hal tentang tampilan dan nuansa pada menu Start tersebut. Termasuk daftar folder atau tautan yang muncul di menu sebelah kiri itu. Secara default, anda akan melihat item seperti Settings, Power, Network, Downloads, dll.

folder start menu show hide

Di artikel ini, saya akan menunjukkan kepada anda cara menyesuaikan ikon yang muncul di menu Start.

Jika anda mencari cara untuk menyembunyikan (Hide) atau menghapus (Remove) aplikasi dari Menu Start pada Windows 10 yang muncul di daftar semua program, maka gulir ke bawah ke bagian yang berjudul “Remove Apps from Start Menu”.

1. Show/Hide Folder di Start Menu

Untuk memulai, silakan anda klik Start dan kemudian pilih “Settings“, yang tampilannya tampak seperti ikon roda gigi.

Kemudian, klik pada pilihan “Personalization“.

personalization hide show

Selanjutnya, silahkan klik Start yang berada pada sisi kiri menu. setelah itu anda akan melihat semua pengaturan untuk menyesuaikan Start Menu.

show hide folder dan aplikasi

Sekedar mengingatkan beberapa hal saja saat kita sudah sampai pada tahap di sini. Jika anda memilih OFF Show app list in Start menu di opsi start menu. Itu akan menghapus bagian tengah yang kita bicarakan di atas tadi (daftar program dan aplikasi).

Recently added apps” akan menunjukkan kepada anda setiap program yang telah anda instal baru-baru ini di bagian atas daftar. Untuk “Show most used apps“, ini akan mencantumkan aplikasi yang paling sering akses tepat di bawah aplikasi yang baru ditambahkan.

Jika anda ingin menyembunyikan (hide) file yang baru saja dibuka dari menu klik kanan pada ikon taskbar. Anda harus memastikan untuk mematikan (off) opsi Show recently opened items in Jump Lists on Start or the taskbar.

Terakhir, di bagian paling bawah yang dari tadi kita cari. Klik pada tautan yang bertuliskan Choose which folders appear on Start. Microsoft suka memberi nama folder item ini, tetapi tautan atau pintasan tampaknya lebih masuk akal bagi saya.

show hide folders

Di sini anda dapat mengaktifkan (On) / menonaktifkan (Off) daftar folder yang telah ditentukan yang akan muncul pada Menu Start. Sebagai contoh, jika saya mengaktifkan (On) semuanya, anda akan melihat daftar saya menjadi cukup panjang di menu start.

list icons show hide

Ituah cara-cara yang dapat anda lakukan. Jika anda ingin menambah atau menghapus aplikasi dari Start Menu, anda harus menggunakan cara yang berbeda.

Mari simak ulasannya di bawah ini.

2. Menghapus Aplikasi / Program dari Start Menu

Untuk menghapus aplikasi dari daftar aplikasi di menu Start tanpa menghapus instalasi programnya. Cukup klik kanan pada aplikasi yang ingin anda hilangkan, kemudian pilih More dan kemudian pilih Open file location.

open file location show hide

Ini akan membawa anda ke folder sistem Start Menu Programs di Windows. Di sini anda akan melihat daftar semua folder dan pintasan yang sebenarnya muncul di Start Menu.

start menu programs show hide

Untuk menghapus suatu item dari daftar list, just delete it bro. Anda juga dapat membuat folder sendiri di sini dan menambahkan pintasan (shortcuts) atau tautan sendiri. Jika anda ingin menambahkan shortcuts.

Buatlah pintasan di desktop dengan mengklik kanan pada file aplikasi atau program tersebut dan pilih Send To – Desktop (create shortcut).

Kemudian, seret pintasan aplikasi tersebut ke folder yang telah ditentukan dan akan langsung muncul di Menu Start!

Saya rasa anda seharusnya tidak menemukan kesulitan atau masalah dalam menambah atau menghapus item dari folder ini. Itu dikarenakan telah mengikuti cara-cara yang saya telah paparkan di atas dari awal sampai akhir.

Baca juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *