Cara Menghemat Baterai Laptop Agar Bisa Digunakan Dalam Waktu Lama

cara menghemat baterai laptop

Sebagai salah satu perangkat yang dapat dibawa kemana-mana alias portable, laptop sangat mengandalkan yang namanya baterai dengan durasi yang tahan lama supaya tidak mengganggu aktivitas Anda. Kendati untuk saat ini sumber listrik terdapat di banyak lokasi, namun ada kalanya kita harus pergi ke tempat yang jarang atau tidak ada sumber listrik sama sekali. Jika berada pada situasi dan juga keadaan seperti itu, maka secara otomatis menghemat baterai laptop merupakan satu-satunya cara supaya laptop yang sedang Anda gunakan tidak cepat mengurasa daya ketika sedang digunakan.

5 Cara Menghemat Baterai Laptop

menghemat baterai laptop

Lantas bagaimanakah caranya? Berikut akan saya paparkan beberapa tips dan juga trik untuk anda perihal bagaimana cara menghemat baterai laptop yang sedang dipakai secara mudah.

Baik itu untuk penggunaan laptop Windows 7 maupun yang terbaru yakni Windows 10.

1. Cas Setiap Ada Kesempatan

Sebelum saya memaparkan berbagai macam trik nantinya, hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah men-charge (mengisi daya) baterai laptop tersebut saat ada kesempatan walaupun itu hanya sebentar.

Apakah anda mengecasnya di bus, minimarket, tempat umum dan sebagainya. Untuk itu jangan sekali-kali anda lupa untuk selalu membawa charger laptop di tas Anda.

Jika memungkinkan, belilah dua buah charger agar Anda bisa menaruh yang satu di rumah dan yang satunya lagi di dalam tas agar tidak ketinggalan.

Selain itu jangan pernah takut untuk men-charge baterai hingga penuh karena hal tersebut tidak akan membuatnya rusak ataupun meledak.

Pasalnya, baterai jenis Lithium ion yang banyak digunakan pada laptop sekarang ini akan langsung berhenti mengisi daya ketika kapasitasnya sudah penuh.

Anda bisa membaca tips merawat baterai laptop agar mengetahui informasi lebih lengkapnya.

2. Kurangi Tingkat Kecerahan Layar Desktop

Banyak dari produk laptop saat ini dengan berbagai macam merk telah memakai layar LED Backlights yang dapat menampilkan gambar dengan kualitas bagus.

Akan tetapi hal baiknya yang demikian itu hanya mengkonsumsi sedikit daya.

Kendati demikian, layar tetap menjadi komponen yang cukup besar memakan daya baterai.

Oleh karena itu, kurangilah kecerahan layar tersebut jika Anda menggunakannya di tempat yang agak gelap atau minim pencahayaan.

Disamping dapat menghemat baterai laptop, hal demikian juga bisa membuat mata Anda lebih rileks dan nyaman.

Cara lainnya untuk mengurangi konsumi daya dari layar tersebut adalah dengan mengatur kontrol backlight secara otomatis di Windows.

Untuk caranya sendiri, silahkan akses Control Panel, kemudian pilih Hardware and Sound, dilanjutkan dengan ke Power Options, selanjutnya pilih Change plan settings pada power plan yang sedang aktif.

Jika sudah, pada pilihan ‘Dim the display’ dan ‘Turn off the display’ silahkan anda pilih opsi 1 sampai dengan 3 menit ketika laptop sedang menggunakan baterai sebagai sumber dayanya.

3. Tutup Aplikasi yang Sedang Tidak Dipakai

Hal lainnya yang sering menyebabkan baterai laptop cepat habis adalah aplikasi yang memakan banyak daya prosesor padahal aplikasi tersebut sedang tidak dipakai.

Sejumlah aplikasi tersebut ternyata bukan hanya menguras kapasitas baterai, akan tetapi juga dapat membuat sistem laptop Anda menjadi sangat lambat.

Salah satu ciri dari hal tersebut adalah kipas laptop Anda yang selalu berputar sangat kencang ketika laptop tersebut tidak digunakan.

Untuk mengatasi masalah ini, tekan Ctrl-Alt-Del secara bersamaan kemudian buka Windows Task Manager. Disana carilah proses yang memakan banyak daya prosesor.

Jika program tersebut tidak bisa ditutup secara normal, klik kanan lalu pilih Kill Process. Apabila cara yang demikian masih gagal, maka cara satu-satunya yang bisa anda coba yaitu dengan merestart laptop Anda.

Anda juga bisa coba untuk membaca artikel tentang cara mempercepat kinerja komputer atau cara mempercepat windows 10 yang juga bisa mengatasi poin ketiga ini.

4. Menghentikan Aplikasi Aktif di Background

Selain menutup aplikasi yang memakan banyak daya, cara menghemat baterai laptop selanjutnya adalah dengan menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang (background).

Aplikasi yang dimaksud di antaranya berupa Windows Update, BitTorrent clients, dan lain sebaginya.

Walaupun Windows Update merupakan aplikasi yang cukup penting. Namun dalam keadaan tanpa listrik mematikannya merupakan hal yang masuk akal untuk menambah daya tahan baterai.

5. Jangan Gunakan Fitur yang Menguras Baterai

Setelah mematikan berbagai perangkat lunak, kini saatnya mematikan berbagai fitur yang terdapat di perangkat keras.

Jika tidak digunakan, mematikan Wi-Fi atau Bluetooth dapat secara signifikan menambah daya tahan baterai.

Namun apabila laptop yang Anda gunakan sekarang dibekali dengan backlit keyboard. Hanya dengan cara mematikan lampunya ketika sedang menggunakan baterai merupakan ide yang sangat cemerlang agar bisa menghemat baterai.

Akhir Kata

Demikianlah sejumlah tips dan trik yang bisa anda lakukan demi menghemat baterai laptop.

Apabila Anda mempunyai cara lain yang sering anda pakai untuk memperpanjang umur baterai laptop Anda ketika tidak tersambung ke listrik.

Maka jangan sungkan untuk membagikannya dengan kami pada kolom komentar di bawah ini.

You May Also Like

About the Author: Syah Artuna

Pemilik Web Comportcomputers.com - Menjadikan Coffee Shop a.k.a Warkop sebagai second best home, suka kopi coklat dan gak suka kopi pahit. Uweeekk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *