Cara Menjalankan Linux di Windows 10

linux di windows 10

Pengguna Linux pastinya sangat senang ketika ada kabar bahwa Bash shell akan tersedia di Windows 10. Pada awalnya memang hal tersebut tidak tersedia untuk semua pengguna linux. Pembaruan Windows 10 Creators membuat Linux di Windows 10 kini lebih mudah untuk bisa diakses.

Apakah anda ingin mencoba linux di windows 10 hanya untuk bersenang-senang atau hanya sekedar melihat dan mengetesnya? Saya akan memberikan caranya kepada anda agar dapat menggunakan Linux di sistem operasi Windows tanpa harus melalui mesin virtual.

Definisi Bash

Bash pada dasarnya adalah subsistem untuk Ubuntu. Dengan Bash, anda dapat memiliki sistem Linux yang berjalan di dalam Windows. Bash ini adalah Bash yang sama dengan yang anda temukan di Linux. Anda dapat menggunakannya untuk menjalankan perintah Linux tanpa perlu mesin virtual atau boot ganda.

Menggunakan Bash shell, anda dan para developer di luar sana dapat merasakan Linux secara asli di OS Windows 10.

Mengaktifkan Linux di Windows 10

Ada dua cara untuk mengaktifkan subsistem Windows untuk Linux. Salah satunya adalah melalui PowerShell dan yang satunya lagi akan melalui Windows Features.

Menggunakan PowerShell

Cari terlebih dahulu PowerShell dengan cara mengetiknya di kolom Search yang ada di start menu dan jalankan sebagai administrator. Setelah terbuka, ketikkan perintah ini di bawah ini dan tekan Enter setelahnya:

Enable-WindowsOptionalFeature -Online -FeatureName Microsoft-Windows-Subsystem-Linux
powershell install linux

Maka nantinya anda akan diminta untuk mengkonfirmasi dengan menekan Y atau N. Tekan Y untuk melanjutkan, lalu reboot komputer anda. Jika sudah diinstal, maka anda tidak perlu untuk merestartnya.

Menggunakan Windows Features

Gunakan kolom Search yang ada di start menu atau di samping ikon Start Windows untuk mencari aplikasi Panel Control yaitu Turn Windows Features On or Off.

Note: Anda juga dapat membuka aplikasi dengan langsung menuju ke Control Panel > Programs > Programs and Features > Turn Windows Features On or Off.

windows features

Setelah terbuka jendelanya, maka selanjunya langsung buka daftar fitur yang ada di sana sampai anda menemukan sebuah folder dengan nama Windows Subsystem forLinux. Centang ✔ kotak yang ada disamping folder untuk mengaktifkan opsinya.

windows subsystem for linux

Maka komputer akan menjalankan prosesnya dan menerapkan beberapa perubahan. Setelah selesai, anda akan diminta untuk me-restart komputer anda.

Baca Juga : Cara Menampilkan Berkas File dan Folder Tersembunyi di Windows 10

Download Linux Distro di Windows

Windows anda seharusnya sekarang sudah dapat menjalankan Linux. Untuk langkah selanjutnya sekarang anda harus mengunduh Distro Linux seperti Ubuntu untuk Windows agar bisa memasukkan perintah Linux nantinya.

ubuntu di windows store

Cara downloadnya sangatlah mudah. Cukup buka Microsoft Store dan unduh Distro Linux pilihan anda. Anda harus log in untuk bisa melanjutkannya.

Ada beberapa sistem yang tersedia, tetapi kita akan menginstal Ubuntu saja dan mencoba menggunakannya untuk menunjukkan contohnya kepada anda di seluruh sisa posting ini. Pengunduhan kemungkinan akan memakan waktu cukup lama karena ukuran filenya yang besar.

Menjalankan Linux di Windows

Sistem Linux yang diinstal akan berjalan sama seperti aplikasi Windows biasa pada umumnya. Buka Ubuntu. Nantinya aplikasi ini akan melakukan one-time instalasi. Anda akan dapat menggunakan Ubuntu Linux lebih cepat saat membukanya kembali pada kali kedua anda menggunkannya di kemudian hari.

instal ubuntu di windows 10

Setelah diinstal, anda akan diminta memasukkan nama pengguna (username) dan kata sandi. Silahkan masukkan semua informasi yang diperlukan.

masukkan username dan password untuk ubuntu

Mulai sekarang, anda akan dapat melihat direktori seperti yang ada dalam sistem di Linux. Nantinya anda perlu menggunakan SUDO APT untuk menjalankan perintah root. Anda juga dapat menggunakan APT-GET, APT INSTALL, dan APT UPDATE. Anda bebas untuk melakukan apa saja yang bisa dilakukan di terminal Linux tersebut.

Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa sistem file Windows akan berlokasi di dalam folder MNT.

linux di windows 10

Jika anda ingin mengedit file Windows dari sistem Linux tersebut, anda harus memasukkan CD MNT, lakukan LS lalu masukkan CD C dan LS lain untuk menemukan semua file yang disimpan di dalam Windows.

Akhir Kata

Kira-kira seperti itulah cara menggunakan dan juga menjalankan sistem Linux di Windows terutama pada versi windows 10. Bagi anda yang tidak ingin repot-repot menginstal OS Linux di komputer atau PC dan juga Laptop, maka cara ini sangat membantu anda yang sudah ingin merasakan terminal linux di windows 10.

Selamat mencoba.

You May Also Like

About the Author: Syah Artuna

Pemilik Web Comportcomputers.com - Menjadikan Coffee Shop a.k.a Warkop sebagai second best home, suka kopi coklat dan gak suka kopi pahit. Uweeekk!

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *