Cara Screenshot di Laptop Semua Merek dan PC Mac OS X

screenshot di laptop

Kemampuan untuk mengambil screenshot di laptop (alias screen capture atau screen grab) dari desktop anda atau jendela sebuah aplikasi akan sangat berguna untuk bisa berbagi sebuah gambar dengan lebih mudah.

Contoh sederhananya jika anda ingin mengambil sebuah gambar dari sebuah postingan sosial media atau bagian tertentu dari teks artikel di media sosial hingga memudahkan anda dalam mengirim pesan ke dukungan teknis untuk menampilkan masalah yang anda alami dengan hanya menggunakan sreenshoot di laptop maupun di PC.

Saya sendiri selalu screenshot di laptop Acer, karena saya saat ini menggunakan laptop Acer untuk keperluan tugas dan kerja.

Dan juga saya screenshot di laptop yang menggunakan windows 10.

Ada banyak kemudahan yang diberikan oleh windows 10 dalam hal menggunakan screenshot dibandingkan dengan windows 7.

Apakah anda ingin screenshot seluruh layar, atau hanya sebagian, akan sangat simpel jika menggunakan Windows 10. Hanya tinggal klik pilihan saja, selesai.

Namun, artikel ini tidak sebatas hanya memberikan tutorial cara screenshot di laptop windows saja. Saya juga akan coba memberikan tutorial cara screenshot di mac OS X.

Berikut cara mengambil tangkapan layar di Windows dan Mac.

Cara Screenshot di Windows

Cari tombol Print Screen pada keyboard, yang mungkin diberi label PrtScn atau beberapa variasi serupa. Jika anda screenshot di laptop acer, maka coba cari tombol PrtSc SysRq yang berada di samping tombol F1-F12.

tombol PrtScn di laptop
  1. Untuk screenshot seluruh layar (semua yang anda lihat di layar laptop atau pc, termasuk semua jendela yang terbuka), maka tekan tombol PrtScn. Nantinya screenshot tersebut akan ditempatkan di clipboard.
  2. Atau, untuk screenshot hanya jendela aktif atau terpenting, tekan Alt + PrtScn. (Beberapa laptop atau pc mungkin mengharuskan anda untuk menekan tombol Fn secara bersamaan.)
  3. Jika anda ingin memilih bagian layar yang ingin discreenshot, tekan Windows + Shift + S. Di Windows 10, ini akan membuka Snipping Tool. Apa itu Snipping Tool, nanti akan kami jelaskan di bawah.
  4. Selanjutnya, buka pengolah kata (ex: word) atau program pengeditan gambar seperti Microsoft Paint dan pergi ke menu Edit> Paste atau tekan Ctrl + V untuk menempelkan gambar ke dalam program.
  5. Buka File> Save As dan simpan gambar ke folder yang diinginkan sehingga anda dapat menggunakannya nanti.
  6. Selesai.

Jika screenshot di laptop acer dan kebetulan anda juga menggunakan windows 10, maka hanya tinggal menekan tombol PrtSc SysRq. Hanya tombol itu saja maka anda akan diberi pilihan ingin screenshot seluruh layar, atau hanya sebagian layar saja.

Bukan hanya itu jika anda screenshot di laptop acer menggunakan windows 10, maka akan muncul pilihan ketika anda menekan tombol PrtSc di antaranya Rectangular Snip, Freeform Snip, Windows Snip dan juga Fullscreen Snip. anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan.

Setelah screenshot di laptop acer, maka akan muncul notifikasi thumbnail di sisi kanan layar laptop, silahkan klik di sana untuk lanjut mengedit dan menyimpannya.

Screenshot di Laptop / PC Menggunakan Snipping Tool

1. Apa Itu Snipping Tool?

Windows 7, 8.1, dan 10 dilengkapi dengan aplikasi Snipping Tool. Dengan Snipping Tool, anda dapat menentukan area layar yang akan diambil untuk di screenshot (an irregular shape, a rectangle that you draw, a selected window, atau the entire screen), memberikan keterangan pada screenshot, dan membagikan hasil screenshot melalui email.

Karena anda dapat menyimpan gambar langsung dari program. Snipping Tool juga memudahkan anda agar tidak perlu lagi membuka Paint atau program lain untuk Paste atau menempelkan gambar dari clipboard. Gunakan tombol Save Snip setelah mengambil screenshot.

Mari kita masuk ke dalam pembahasan mengenai cara menggunakan Snipping Tool ini untuk screenshot di laptop atau PC.

2. Cara Menggunakan Snipping Tool

  1. Klik Start Menu, lalu ketik “snipping tool” ke dalam kotak pencarian. Pilih Snipping Tool dari hasil pencarian tersebut.pencarian snipping tool
  2. Klik Mode untuk memilih jenis screenshot yang ingin diambil. Kemudian gunakan mouse atau touchpad untuk memilih area layar atau jendela yang ingin anda screenshot.mode di snipping tool
  3. Anda juga dapat menggunakan Snipping Tool untuk mengambil opsi menu, seperti drop-down yang biasanya hilang ketika tombol mouse dilepaskan atau juga Start Menu. Tekan Ctrl + PrtScn untuk mengambil menu. Jika anda berada di Windows 7, tekan ESC sebelum membuka menu yang ingin diambil.
  4. Untuk menggambar atau menyorot bagian tertentu pada hasil screenshot, klik menu fitur Pen atau fitur Highlighter.
  5. Setelah mendapatkan screenshot, anda dapat menyimpannya, mengirim ke email, atau menyalinnya untuk menempel ke aplikasi lain menggunakan opsi Save Snip atau Send Snip.
  6. Selesai.

Cara Screenshot di Mac OS X

Mac OS X juga memiliki pintasan keyboard untuk mengambil screenshot. Setelah menekan kombinasi tombol untuk mengambil screenshot, maka akan terdengar bunyi klik, dan gambar mini tangkapan layar akan muncul di sudut kanan bawah layar anda.

Bagaimana caranya? Silahkan ikuti langah-langkahnya di bawah ini untuk mengambil screenshot di mac OS X milik anda.

1. Menggunakan Shortcuts Keyboard Mac

  1. Untuk menangkap seluruh layar, tekan Cmd + Shift + 3 secara bersamaan.
  2. Untuk mengambil area tertentu dari layar anda, tekan Cmd + Shift + 4. Kursor anda akan berubah menjadi crosshair dan dapat menyeret di sekitar area yang ingin anda screenshot.
  3. Untuk menangkap jendela tertentu atau sesuatu seperti Dock atau bilah menu, tekan Cmd + Shift + 4 dan kemudian dengan cepat lanjut tekan Spacebar. Crosshair akan berubah menjadi kamera kecil dan menyorot jendela atau objek yang dapat anda screenshot.
  4. Untuk screenshot apa yang ada di Touch Bar, maka tekan Cmd + Shift + 6.
  5. Hasil screenshot secara otomatis disimpan sebagai file PNG ke desktop anda. Jika ingin menyimpan ke clipboard, maka tekan dan tahan Control saat Anda mengklik untuk screenshot.
  6. Selesai.

2. Menggunakan Aplikasi Screenshot Tool dari Mac OS X

Mac OS X (Mojave dan yang di atasnya) juga memiliki tool untuk mengambil screenshot yaitu Obviously Screenshot. Anda dapat mengaksesnya menggunakan Cmd + Shift + 5 atau pada Applications> Utilities.

screenshot tool di mac os x

Saat anda membuka screenshot, toolbar melayang akan muncul di bagian bawah layar. Anda dapat memilih apakah ingin screenshot bagian tertentu, jendela tertentu, atau seluruh layar.

Anda bisa menggunakan fitur untuk merekam layar (seluruh layar atau bagian layar tertentu) dan juga bisa mengatur timer 5 atau 10 detik. Pengaturan defaultnya akan menyimpan hasil screenshot di laptop ke Desktop, tetapi dapat dirubah pada Menu Options di bawah layar.

Akhir Kata

Itulah dia beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk screenshot di laptop atau PC, baik menggunkanan OS windows maupun menggunakan Mac OS X.

Saya harap langkah-langkah di atas bisa dengan mudah anda terapkan. Jika memang masih bingung, bisa berkomentar di bawah artikel ini, nanti saya akan mencoba menjawab secepatnya.

Atau jika ada masukan dan kritik, jangan sungkan untuk langsung diutarakan.

Selamat mencoba.

You May Also Like

About the Author: Syah Artuna

Pemilik Web Comportcomputers.com - Menjadikan Coffee Shop a.k.a Warkop sebagai second best home, suka kopi coklat dan gak suka kopi pahit. Uweeekk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *