Cara Menjaga Keamanan Komputer dan Merawatnya Dengan Baik

Cara Menjaga Keamanan Komputer

Cara Menjaga Keamanan Komputer – Sebagai pengguna PC atau komputer, sebuah hal yang cukup penting dibahas sebagai pengguna komputer adalah tentang yang namanya menjaga keamanan sistem komputer, dan juga cara merawat komputer dengan baik.

Apalagi yang namanya virus, yang menjadi momok menakutkan untuk para pengguna komputer, bahkan virus komputer sudah menjadi momok menakutkan ketika internet belum berkembang kala dulu.

Masalah serangan virus komputer sangat serius, karena sangat berbahaya untuk keamanan data-data penting milik kita, selain itu penting juga mengetahui cara merawat komputer dengan baik, sehingga komponen komputer dapat terhindari dari kerusakan, yang ditakutkan data-data penting di dalam komputer akan lenyap.

Cara Menjaga Keamanan komputer dan Merawatnya Dengan Baik

Untuk itu, kita perlu melakukan beberapa hal penting terkait dengan cara menjaga keamanan komputer dan juga merawat komponen-komponen yang ada pada komputer tersebut, langsung saja berikut di bawah ini pembahasannya.

1. Lakukan Pemeriksaan Data dan Program di Komputer Secara Rutin

Maksudnya yaitu pemeriksaan dari keadaan sistem operasi  dan juga harddisk komputer anda, hal ini cukup penting agar performa komputer dapat baik dan stabil.

Anda perlu melakukan defrag dengan rutin, seperti sebulan atau dua bulan sekali, kemudian update merupakan hal yang penting.

Kemudian periksa update program-program penting yang ada di komputer, seperti antivirus dan lainnya yang penting.

Sedikit penjelasan mengenai defrag, dimana saat anda memindahkan (move), copy, ataupun delete file, maka komputer meletakkan bits dan potongan file di ruang-ruang kosong (harddisk), tetapi ada bagian ruang yang sebenarnya ruang kosong, tetapi tidak dapat dimaksimalkan oleh komputer. 

Sehingga disinilah peran defrag untuk mencari ruang kosong di harddisk, untuk mengumpulkannya lalu mengaturnya. Sehingga dengan melakukan defrag, maka ruang kosong di hard disk akan dapat digunakan secara optimal.

Untuk melakukan defrag bisa dengan menggunakan software DiskSpeedUp, PCSuite Defrag Pro dan lainnya.

Adapun Chkdsk untuk memeriksa error yang ada pada hard drive Anda. Sehingga dengan melakukan Chkdsk, anda dapat memeriksa apakah terdapat bad sector pada harddisk.

2. Pastikan Komputer Agar Tetap Dingin (Tidak Kepanasan / Overheat)

Agar kinerja komputer dapat terawat dengan baik, maka pastikan agar kondisi suhu komputer jangan sampai overheat / kepanasan.

Nah, caranya yaitu pastikan bahwa aliran udara panas dari dalam komputer dapat keluar dengan lancar.

Untuk itu, kipas di dalam komputer berfungsi untuk mendinginkan, pastikan kondisinya baik untuk membuang udara panas dari dalam CPU komputer.

Kemudian anda juga perlu memeriksa suhu prosesor, anda bisa menggunakan bantuan dari software SpeedFan salah satunya.

Kegunaannya adalah untuk mengetahui kondisi temperatur pada komponen-komponen perangkat keras yang ada di komputer.

3. Pastikan Kinerja UPS Tetap Dalam Keadaan Baik

UPS memiliki kegunaan untuk menjaga agar jangan sampai terjadi pemutusan daya secara mendadak pada komputer, dimana sangat berbahaya jika mematikan komputer tanpa adanya prosedur shutdown.

Sehingga dengan adanya UPS, ketika listrik tiba-tiba mati, anda tetap punya kesempatan untuk mematikan komputer sesuai dengan prosedur shutdown.

Akan tetapi UPS dapat menjadi bumerang jika daya yang ada didalamnya terlalu penuh. Berdasarkan pada penelitian yang dilakukan, bahwa baterai UPS bisa berbahaya.

Ini dikarenakan baterai UPS yang menyerap daya listrik sehingga menambah daya yang ada di dalamnya.

Baca Juga: Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

Nantinya akan ada kemungkinan daya yang tidak digunakan, yang lambat laun akan menumpuk di dalam baterai. Sehingga arus listrik yang terlalu besar pada baterai berpotensi untuk merusak komponen komputer. 

Untuk Mengatasinya adalah dengan secara rutin, seperti 2-3 tahun sekali mengganti baterai UPS, anda bisa memperoleh baterainya di toko yang sama ketika membeli UPS.

Selain itu, hindari memasang printer atau perangkat eksternal lain pada UPS, karena dikhawatirkan perangkat tersebut bisa menjadi korban karena arus listrik yang besar mengalir dari UPS. 

4. Gunakan AntiVirus

Lalu poin kelima ini, tentunya semua sudah tahu “wajib” harus ada di komputer.

Banyak tersedia antivirus berkualitas dan gratis yang bisa digunakan, yang tidak kalah untuk menghancurkan virus yang berbahaya. Seperti Avast, Avira, AVG, Norton, antivirus lokal Smadav dan lainnya.

Program antivirus dirancang untuk melindungi komputer dari serangan virus. Dan gencarnya serangan dari jenis virus baru maka program antivirus juga perlu anda update secara rutin. 

5. Update Program-program Penting

Lakukan update pada program-program penting, utamanya pada program keamanan komputer.

Selain itu juga update Operating System anda yang original, serta juga driver sehingga dapat lebih baik.

6. Berhati-hati Dalam Browsing

Dimana situs-situs berbahaya dan juga tidak baik, seperti situs p*rno, software ilegal atau bajakan, judi dan semacamnya, sangat rentan terdapat kandungan virus internet pada situs-situs model seperti itu.

Untuk itu, browsing-lah secara sehat, untuk mengunjungi situs-situs yang baik dan bermanfaat, hindari situs-situs yang tidak baik.

7. Selalu Scan File yang di Download

Jika file yang didownload berasal dari situs yang memang tidak terlalu dikenal keamanannya, maka anda tetap perlu waspada, untuk itu lakukan scan pada file-file yang didownload.

Karena mencegah itu lebih baik dari pada mengobati.

8. Jangan Membuka Lampiran dan Tautan di Email dari Sumber yang Tidak Jelas

Dimana penyebaran virus internet juga sering terjadi via email. Terutamanya apabila isi di dalam email, ada file seperti EXE, VBS, BAT.

Dan dikirim oleh orang asing, maka anda perlu waspada, karena ada kemungkinan bisa-bisa virus internet itu ada disana.

9. Lakukan Backup Pada Data Penting

Hal yang sangat menyedihkan bagi pengguna komputer adalah hilangnya data-data penting di dalam komputer, dengan apapun sebabnya.

Untuk itu, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan maka segera backup terhadap data-data penting milik anda, lalu simpan di tempat yang aman, seperti pada layanan cloud internet atau tempat lainnya.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa tips bagi anda yang sering menggunakan media perangkat komputer agar mengetahui bagaimana cara menjaga keamanan komputer yang baik dan benar.

Hal ini diperlukan agar komputer anda terus aman digunakan dan tentunya akan semakin awet untuk dipakai beberapa tahun bahkan puluhan tahun tanpa adanya rasa cemas.

You May Also Like

About the Author: Syah Artuna

Pemilik Web Comportcomputers.com - Menjadikan Coffee Shop a.k.a Warkop sebagai second best home, suka kopi coklat dan gak suka kopi pahit. Uweeekk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *