Cara Masuk ke Safe Mode Pada Windows 10 atau 8 (Cara Mudah)

safe mode
safe mode

Salah satu langkah paling umum ketika memecahkan masalah suatu komputer atau PC adalah dengan mengakses boot ke Safe Mode. Dari dulu kita tahu bahwa untuk bisa masuk ke safe mode hanya dengan menekan tombol F8, hal ini semua berubah dengan munculnya Windows 10 dan mode Perbaikan Otomatis. Tetapi bagaimana jika kita menginginkan Safe Mode?

Jika anda menekan tombol F8 pada waktu yang tepat (atau beruntung bisa melakukan spam klik F8 saat boot up), Windows mungkin masih membawa Anda ke layar yang memungkinkan Anda masuk ke lingkungan recovery.

Dari sana, anda dapat boot ke Safe Mode (dan kita akan membicarakan lingkungan itu sedikit kemudian. Masalahnya adalah bahwa beberapa produsen komputer menonaktifkan opsi ini. Dan bahkan pada PC yang masih mendukungnya, startup Windows terjadi jauh lebih cepat sekarang, anda hampir tidak punya waktu untuk menekan tombolnya.

Kabar baiknya adalah untuk bisa masuk ke Safe Mode bisa dilakukan dengan mudah. Prosesnya lebih tersembunyi sekarang.

Note: Artikel ini ditulis menggunakan screenshot dari Windows 10, tetapi tekniknya juga bisa anda lakukan di Windows 8. saya akan memberikan perbedaan nantinya antara kedua versi windows.

Langkah Pertama: Masuk ke Advanced Troubleshooting Tools di Bagian Recovery.

Sebagian besar cara untuk mengakses dan masuk ke Safe Mode adalah dengan masuk ke bagian recovery Windows terlebih dahulu. di bagian ini mencakup sejumlah opsi pemecahan masalah (troubleshooting) pada windows, dan opsi Safe Mode adalah salah satunya. Bagaimana anda bisa akses ke sana tergantung pada apakah PC anda dapat menjalankan Windows secara normal atau tidak.

Jika Windows Anda Bisa Dijalankan Dengan Normal

masuk safe mode

Jika PC Anda dapat berhasil masuk ke layar login Windows ketika Anda memulai, cara termudah untuk bisa akses ke bagian recovery adalah dengan menahan tombol Shift sambil mengklik Restart (baik langsung di layar masuk atau dari menu Start).

masuk safe mode

Anda juga dapat masuk ke bagian recovery melalui Windows Setting. Cara cepatnya dengan menekan Windows + I untuk membuka Pengaturan, lalu klik opsi “Update & Security”.

windows settings

Di panel sebelah kiri, klik pada tab “Recovery“. Lalu di panel sebelah kanan, gulirkan sedikit ke bawah, lalu klik tombol “Restart Now” di bagian “Advanced Startup“.

recovery

Menggunakan salah satu metode ini (Shift + Restart atau melalui Windows Setting) akan membawa anda ke bagian Recovery, nanti akan saya akan diskusikan kembali kemudian pada langkah kedua dari proses ini.

Jika Windows Anda Tidak Bisa Dijalankan Secara Normal

Jika PC anda tidak bisa menjalankan Windows secara normal dua kali berturut-turut, maka secara otomatis ia akan memberi opsi “Recovery” yang memungkinkan bisa melihat opsi perbaikan lebih lanjut.

recovery step 2

Note: Kita berbicara di sini secara khusus tentang apakah PC anda dapat hidup dan berhasil menjalankan inisialisasi hardwarenya, tetapi kemudian tidak dapat memuat Windows dengan sukses.

Jika PC anda tidak menampilkan layar diatas tadi, anda dapat mencoba memulai PC dari USB recovery drive. Paling bagus jika anda membuat satu buah USB yang di dalamnya terdapat data windows seperti ketika anda ingin instal ulang pc dengan flashdisk (USB), tetapi dalam keadaan darurat, anda dapat membuatnya dari PC lain yang menjalankan versi Windows yang sama.

Anda juga dapat menekan tombol F8 saat boot (tetapi sebelum Windows mulai mencoba memuat) untuk mengakses layar ini. Beberapa produsen PC menonaktifkan tindakan ini, dan pada beberapa PC, startup tersebut cukup cepat sehingga sulit untuk menekan tombol pada waktu yang tepat. Tapi, tidak ada salahnya untuk mencoba.

Bagaimanapun cara anda masuk ke bagian Recovery, anda pasti akan memiliki akses ke advanced troubleshooting yang dimaksudkan untuk membantu memulihkan PC yang tidak bisa mulai secara normal. Safe Mode termasuk dalam bagian troubleshooting.

Langkah Kedua: Akses ke Advanced Troubleshooting Tools untuk Memulai Safe Mode

Saat Anda masuk ke Advanced Troubleshooting Tools (apakah itu dengan menggunakan trik Shift + Restart, memencet tombol F8, atau recovery), Anda akan tiba di layar yang memungkinkan anda bisa mengakses menu Troubleshoot. Klik tombol “Troubleshoot” untuk melanjutkan.

troubleshoot

Pada layar “Troubleshoot“, klik tombol “Advanced Options“.

advanced options

Pada halaman “Advanced Options“, klik opsi “Startup Settings“. Di Windows 8, opsi ini diberi nama “Windows Startup Settings“.

startup settings

Dan akhirnya, sekarang anda tahu dan melihatnya sendiri apa yang saya maksud dengan tombol “Restart“. Karena memang prosesnya untuk bisa ke sana sedikit ribet.

startup settings step 2

Anda akan melihat beberapa opsi Advanced Boot Options yang familiar. Tekan nomor yang terkait dengan opsi startup yang ingin anda gunakan (mis., Tekan tombol 4 untuk Safe Mode).

Perhatikan jika anda menggunakan Windows 8, PC anda akan restart terlebih dulu, dan kemudian baru anda akan benar-benar melihat layar “Advanced Boot Options” yang sama dengan yang anda gunakan dari versi Windows lama. Gunakan kursor panah untuk memilih opsi Safe Mode, lalu tekan Enter untuk booting ke safe mode.

advanced options windows 8

Memang, ini adalah cara berbelit-belit untuk bisa masuk Safe Mode, dan opsi ini jauh lebih tersembunyi daripada sebelumnya. Tetapi, setidaknya safe mode masih tersedia.

Opsi Alternatif: Memaksa Windows untuk Masuk ke Safe Mode

Terkadang ketika ingin memecahkan masalah tertentu, anda diharuskan untuk booting beberapa kali ke Safe Mode. Menjalani seluruh prosedur yang baru saja saya uraikan tadi akan sangat menyebalkan jika harus melakukannya setiap kali me-restart PC. Untungnya, ada cara yang lebih simpel.

Dengan menggunakan System Configuration tool bawaan Windows akan memberi anda kemudahan untuk mengaktifkan opsi “safe mode”. Pada dasarnya ini memaksa Windows untuk booting ke Safe Mode setiap kali anda me-restart PC. Untuk memulai Windows secara normal lagi, anda harus kembali ke System Configuration tool untuk menonaktifkan opsi otomatis ini.

memaksa masuk safe mode

Anda bahkan dapat memilih jenis Safe Mode mana yang diinginkan untuk memulai Windows:

  • Minimal : Safe Mode Biasa
  • Alternate Shell : Safe Mode yang hanya menggunakan Command Prompt
  • Active Directory Repair : Digunakan hanya pada keperluan Repair (perbaikan) Active Directory server
  • Network : Safe Mode yang menggunakan dukungan dari jaringan internet

Metode alternatif ini memberikan cara yang mudah untuk booting ke Safe Mode berulang kali saat anda butuh. Tetapi anda mungkin juga bisa menggunakan metode yang lebih cepat untuk bisa ke Safe Mode menggunakan salah satu cara yang lebih normal dan aman yang telah kita bahas tadi. Dan cara itu pun lebih bagus diterapkan jika ingin akses ke Safe Mode hanya sekali saja.

You May Also Like

About the Author: Syah Artuna

Pemilik Web Comportcomputers.com - Menjadikan Coffee Shop a.k.a Warkop sebagai second best home, suka kopi coklat dan gak suka kopi pahit. Uweeekk!

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *